Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Jerawatan | Beaussentials Official

Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Jerawatan

Kulit berminyak (seborrhea) disebabkan oleh produksi minyak kulit berlebih (sebum). Selama pubertas, peningkatan kadar androgen yang terjadi pada laki-laki dan perempuan dapat membuat kulit menjadi semakin berminyak.

Bagi sebagian orang minyak berlebih ini akan hilang saat mereka mulai menginjak usia dewasa atau sudah meninggalkan masa pubertas, tetapi ada juga yang tetap bertahan sampai dewasa. Kulit berminyak sangat rentan mengalami jerawatan karena kotoran akan mudah menempel kemudian menyumbat kulit wajah sehingga menimbulkan peradangan.

Kabar baiknya, kulit berminyak membantu memberikan kelembaban kulit secara alami yang dapat mencegah kulit kering dan keriput.


 

Tips Mengatasi Wajah Berminyak dan Jerawatan

1.Hindari sabun atau produk kecantikan yang keras

Produk semacam ini biasanya dapat menghilangkan minyak dengan cepat sehingga membuat kulit menjadi kering, tetapi hasilnya justru kulit akan lebih banyak memproduksi minyak untuk menciptakan pelembab alami. Selain itu penggunaan produk-produk semacam ini biasanya juga dapat mengiritasi kulit, dan iritasi pada kulit dapat menyebabkan jerawat.


2.Terlalu sering membersihkan wajah

Pada dasarnya membersihkan wajah dari kotoran dan sisa make up sangat dianjurkan untuk mencegah jerawatan dan masalah kulit lainnya, tetapi jika hal ini dilakukan secara berlebih justru dapat membuat kulit menjadi kering dan mudah iritasi dimana keduanya diketahui dapat meningkatkan risiko jerawat. Untuk itu, cuci wajah anda dengan benar dan jangan terlalu sering.


3.Hindari Make Up Terlalu Tebal

Para ahli kulit sepakat jika make up berlebih memberikan efek yang tidak baik untuk kesehatan kulit anda. Akan tetapi apakah hal tersebut dapat menyebabkan kulit lebih mudah berminyak perlu dilakukan penelitian mendalam. Terlepas dari make up tebal dapat meningkatkan produksi minyak atau tidak, tetap saja anda harus menghidarinya karena ada kemungkinan akan menyumbat pori-pori kulit wajah yang akan memicu munculnya jerawat.


4.Gunakan Pelembab alami

Ada banyak bahan yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan minyak sekaligus membantu melembabkan kulit secara alami contohnya buah pepaya, madu, buah alpukat atau gel lidah buaya. Kesemua bahan tadi mampu menutrisi kulit dari luar dan memberikan perlindungan terhadap jerawat.


5.Hindari Penggunaan Scrub

Penggunaan scrub pada wajah secara umum dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dengan cara mengikis lapisan kulit. Tetapi para penderita jerawat tampaknya harus menghindari penggunaan scrub karena justru dapat meningkatkan iritasi dan kemerahan sehingga memperburuk kondisi jerawat mereka.


6.Piliah produk kecantikan dengan label noncomedogenic

Produk semacam ini dirancang khusus untuk itdak menyumbat pori-pori kulit wajah yang dapat menyebabkan jerawatan, sehingga aman digunkan oleh anda dengan kulit berminyak dan rentan berjerawat. Selain itu mengenali jenis kulit juga dapat membantu anda memilih produk kecantikan yang sesuai dengan karakteristik kulit anda sehingga dapat menghindarkan anda dari masalah kulit seperti jerawat

Spin to win Spinner icon
social proof in digital marketing