Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Flek hitam dapat terjadi akibat bekas jerawat, paparan sinar UV, dan pigmentasi berlebih.

Memiliki wajah mulus dan bersih agar tampak cantik dan mempesona merupakan impian setiap wanita. Selain jerawat kemunculan flek hitam di wajah secara langsung dapat menurunkan kecantikan wajah kamu dan otomatis juga dapat membuat kamu tampil tidak percaya diri.

Flek hitam merupakan noda atau bercak berwarna kehitaman yang terdapat di wajah akibat pigmentasi kulit secara berlebihan. Kondisi ini umum dan biasanya tidak membahayakan diri bagi penderitanya.

Faktor penyebab Flek Hitam

Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan merupakan penyebab utama munculnya flek hitam pada wajah. Paparan sinar matahari yang langsung menyentuh kulit wajah tersebut akan mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak melanin. Yang kemudian memunculkan flek hitam pada wajah.

Tidak hanya itu, wajah yang terekspos sinar matahari secara terus-menerus juga bisa menyebabkan kanker kulit lho. Maka sangatlah penting untuk menggunakan tabir surya/ sunscreen sebelum keluar rumah.

Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah suatu kondisi pada kulit yang disebabkan oleh peningkatan melanin, zat dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk pewarnaan kulit (pigmen). Hiperpigmentasi terjadi ketika area tertentu di area wajah rusak. Hal itu dikarenakan kulit memproduksi melanin berlebih sehingga flek hitam di wajah akan terlihat lebih jelas.

Faktor Genetik

Tidak hanya faktor dari luar saja yang dapat menyebabkan flek hitam, namun faktor genetik juga menjadi salah satu penyebab munculnya noda hitam pada wajah. Orang yang memiliki faktor ini dalam tubuhnya akan cenderung rentan terhadap penyakit seperti melasma yang diakibatkan alergi ringan, paparan sinar matahari, maupun perubahan hormon.

Penyebab flek hitam ini biasanya lebih sering terjadi pada orang dengan warna kulit yang lebih putih atau cerah, memiliki warna rambut merah, pirang atau cokelat.

Bekas Jerawat

Tidak hanya jerawat yang dapat mengganggu penampilan kulit wajah. Begitu juga dengan bekas jerawat. Bekas jerawat seringkali meninggalkan bintik yang lama-kelamaan akan menjadi flek hitam. Biasanya bekas jerawat membutuhkan waktu yang lama untuk hilang, dan jika kamu tidak berusaha menghilangkan bekas jerawat maka akan muncul flek hitam di wajah.

Ciri – ciri flek hitam pada wajah

Tidak sulit untuk mengenali ciri -ciri flek hitam. Berikut ini ciri – ciri dari flek hitam pada wajah 

  • Berwarna kecoklatan / kehitaman. Biasanya flek hitam sebelum muncul akan berwarna kecoklatan terlebih dahulu kemudian akan berwarna hitam.
  • Berbetuk bintik / bercak. Ukuran bersimetris.
  • Terdapat di sekitar pipi, biasanya di tulang pipi, dekat hidung tau dibawah mata.
  • Berjumlah cukup banyak karena bentuknya seperti bintik/ bercak.

Cara memilih krim penghilang flek hitam

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih krim penghilang flek hitam. Untuk mendapatkan krim penghilang flek hitam yang sesuai, Anda harus mengenal bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Untuk informasi lengkapnya, mari simak ulasan berikut ini!

Krim penghilang flek hitam yang Anda gunakan tentunya harus aman bagi kulit. Untuk itu, kami merekomendasikan Anda memilih produk yang telah mendapatkan sertifikasi BPOM. Meski demikian, masing-masing produk memiiki bahan aktif yang berbeda. Berikut ini, kami berikan informasi seputar bahan aktif yang sering digunakan dalam krim penghilang flek hitam.

Jika Anda memiliki masalah flek hitam sekaligus tekstur kulit yang kasar, Anda dapat memilih krim yang mengandung tranexamic acid. Zat asam ini mampu menghambat kinerja plasmin dan melanosit yang berperan dalam pembentukan melanin. Melanin sendiri adalah salah satu penyebab munculnya flek hitam. Selain mencerahkan noda hitam, tranexamic acid juga dapat menyehatkan kulit, serta mencegah kulit kasar.

Kulit, terutama pada bagian wajah, akan mudah kering bila terpapar sinar matahari. Karena itu, Anda sebaiknya memilih produk yang memiliki kandungan pelembap, seperti hyaluronic acid, ceramide, dan jojoba oil. Kandungan tersebut akan membantu menghilangkan flek hitam sekaligus melembapkan kulit. Jadi, jika Anda memiliki kulit kering, pastikan produk pilihan Anda mengandung bahan-bahan tersebut.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *